Test Footer 1

CARA Memilih Tempat Usaha Yang Bagus Tepat Strategis

CARA Memilih Tempat Usaha Yang Bagus Tepat Strategis - Saat sobat membuka suatu usaha, salah saru faktor yang paling penting adalah lokasi usaha. Tempat usaha yang tepat dan strategis akan menentukan kesuksesan usaha sobat. Dengan demikian sebagi seorang wirausaha harus mampu dan benar-benar pintar dalam memilih tempat yang mampu memberikan keuntungan (profit) terhadap suatu usaha. Berikut cara memilih tempat yang bagus untuk usaha sobat :

1. Tingkat Kepadatan Penduduk

Lokasi usaha yang memiliki tingkat kepadatan penduduk tinggi, mempunyai peluang yang lebih tinggi untuk kemajuan usahanya. Misalkan membuka sebuah minimarket di suatu lokasi perumahan yang penduduknya berjumlah 3.000 kepala keluarga tentu berbeda dengan tingkat kemajuan usahanya dengan lokasi yang jumlah penduduknya hanya 1.500 kepala keluarga. Jika sobat membuka usaha rental komputer, fotocopy atau internet disekitar kampus, sobat harus perhatikan terlebih dahulu ada bebrapa kampus diarea tersebut. Semakin tinggi tingkat kepadatan penduduk di suatu area, maka semakin besar puyla pelungan dan tingkat kesuksesasn wirausaha sobat.

2. Banyak Usaha Lain Di  Tempat Tersebut

Di lokasi pertokoan tentu terdapat banyak berbagai macam usaha. Semakin banyak orang yang membuka usaha disitu, maka semakin ramai pula tempat tersebut. Ini akan menarik perhatian pelanggan atau konsemen untuk pergi berbelanja dimana mereka dapat berbelanja semua kebutuhannya di satu tempat. Contohnya Mall, Plaza, Ruko ataupun pasar.

3. Pertimbangan Ekonomis

Sebaia wirausahawan, kita juga perlu melihat kembali prospek usaha di tempat tersebut. Walaupun mall lebih ramai pengunjungnya, harga sewa tempatnya juga biasanya lebih mahal. Sebaiknya hindarilah mall yang tidak ramai, karena akan membuat usaha sobat tidak berkembang. Tempat usaha strategis lainnya untuk membuka usaha bisa di pinggir atau sekitar jalan raya yang mudah terlihat dan ramai dilalui oleh orang banyak seperti pertigaan atau[un perempatan.

4. Tingkat Pendapatan Masyarakat Calon Konsumen

Ada baiknya jika sobat mengetahui pasti tentang tingkat pendapatan atau penghasilan penduduk di wilayah/tempat tersebut. Ini berhubungan dengan tingkat daya beli masyarakat terhadap produk sobat. Apabila daya beli konsumen tinggi,  sobat bisa menjual produk yang lebih berkualiatas dengan harga yang lebih mahal tentunya. Jika daya beli konsumen rendah, maka sobat dapat memilih menjual produk dengan kualitas standar dengan harga yang relatif terjangkau.

5. Lalu Lintas (Traffic)

Sobat harus mengamati hal yang satu ini, yaitu dengan melihat lalu lintasnya apakah dilalui oleh banyak orang ataukah hanya kenderaan bermobil/bermotor, agar investasi usaha sobat tidak sia-sia. Tapi kadangkala, tempat yang lalu lintasnya macet juga kurang baik untuk prospeknya.

6. Tingkat Persaingan

Hal terpenting yang harus sobat perhatikan adalah tingkat persaingan. Apabila sobat menemukan lokasi usaha yang ramai, namun ada usaha yang sejenis dengan usahanya sobat dan cukup banyak. Maka jangan memaksakan diri sobat untuk membuka usaha di lokasi tersebut. Tingkat persaingan yang tinggi dengan jenis produk jualan yang sama biasanya akan mempengaruhi tingkat penghasilan itu sendiri.  Bisa jadi berkurang atau jadi tinggi disisilain dengan faktor keberuntungan semata.  Akan tetapi jika sobat yakin dengan tempat tersebut karena posisinya yang strategis buat jualan, jika mempunyai modal lebih besar dan dapat menyediakan pelayanan yang sangat baik, silahkan sobat bisa memasuki persaingan usaha di lokasi tersebut.

7. Keamanan & Akses Parkir

Hal yang satu juga ini penting yakni faktor keamanan. Sebaiknya sobat memilih tempat usaha yang aman. Tempat atau lokasi yang rawan KRIMINALITAS akan meningkatkan pengeluaran biaya untuk pengamanan. Bisa juga terjadi resiko pencurian terhadap  stok barangnya sobat. Selain itu juga, pilih lah tempat usaha yang mempunyai lahan parkir yang aman dan luas untuk kendaraan, terutama bagi para wirausahawan yang membuka usaha Rumah Makan atau Cafe. Apabila konsumenpelanggan kesulitan mencari tempat parkir atau lahan parkir jauh dari lokasi usahanya sobat, bisa jadi konsumen sobat tersebut beralih ke tempat lain yang menyediakan fasilitas tersebut.

2 Responses to "CARA Memilih Tempat Usaha Yang Bagus Tepat Strategis"