Test Footer 1

7 Cara Menemukan Ide Bisnis

Bila jeli, sobat tidak perlu pusing mencari sumber ide bisnis kesana- kemari seperti  lirik lagu "kesana kemari untuk mencari ide, namun yang kutemui hanyalah pusing. saaayaang yang kuterima pusing sendiri..." hehehe
Ketahuialah ide bisnis ada dimana-mana. Ide itupun juga sudah ada dalam diri sobat atau didepan mata yang selalu sobat lihat atau sering sobat rasakan. Berikut adalah Cara Menemukan Sumber Ide Bisnis :

1. Hobi

Hobi bagi sebagian orang sering dikaitkan dengan kegiatan mengisi waktu luang bahkan pemborosan waktu, tenaga dan uang. Karena hobi dianggap melampiaskan kesenangan tanpa bisa menghasilkan uang. Adanya anggapan itu karena kita sering memisahkan secara ekstrem antara hobi dan bisnis. Sementara bila melakukan kegiatan yang berhubungan dengan hobi, seseorang harus selalu gembira dan sah-sah saja mengeluarkan banyak uang meski tanpa keuntungan. Jadi bisnis seaakan hanya dianggap mencari uang, sementara hobi menghamburkan uang. Maka tidak heran apabila banyak orang mengeluarkan puluhan bahkan ratusan juta rupiah hanya untuk menyalurkan hobi memodifikasi mobil atau apalah asalkan atas nama hobi. Lantas bagaimana mengubah hobi menjadi bisnis dan dapat menghasilkan uang disamping kesenangan dan tidak hanya menghamburkan uang ??? Ada dua cara yaitu langsung dan tidak langsung.
Pertama, sobat dapat langsung memanfaatkan hobi dengan cara mengajarkan hobi dengan cara  mengajarkannya kepada orang lain seperti mendirikan kursus pelatihan sepakbola, bulutangkis, merangkai bungan dan sebagainya. Sobat pun dapat menjual hasil karya dari pada hobi, seperti lukisan yang dibuat sendiri, kerajinan tangan, dekorasi rumah, rangkaian bungan, tulisan artikel dan sebagainya.
Kedua, dengan cara tidak langsung menjadikan hobi sebagai sumber  inspirasi bisnis. Misalkan sobat memiliki hobi membaca, sobat dapat memilih berbagai alternatif usaha seperti toko buku, sewaan buku , penerbit buku dan majalah, atau usaha yang sejenis lainnya.

Meski hobi merupakan faktor penting yang sangat berguna dalam mengembangkan bisnis, namun sobat tetap harus berpikir secara rasional dan tidak terlalu memaksakan  hobi sobat untuk menjadi sebuah bisnis. Buatlah nilai tambah agar hobi dapat bernilai bisnis dan diminati pasar. Misalkan, bila hobi bermain basket, maka tidak cukup hanya membuka kursus bermain basket. Akan tetapi  harus mengemasnya juga dengan baik dan profesional.

2. Pekerjaan

Jenis pekerjaan yang selama ini digeluti para orang gajian bisa menjadi sumber ide bisnis. Artinya sobat dapat melanjutkan pekerjaan dengan mengubahnya sebagai bisnis sendiri. Memang tidak semua pekerjaan dikantor bisa menjadi ide bisnis. Sobat yang bekerja dibank misalnya, tentu sangat sulit untuk melanjutkan pekerjaan itu dengan mendirikan sebuah bank sendiri. Meski demikian, sobat bisa mendirikan bisnis simpan pinjam atau menjual barang sistem kredit karena pengalaman sobat sebagai analis kredit. Banyak jenis pekerjaan yang dapat sobat jadikan sebagai sumber ide bisnis dan layak dijadikan bisnis. Contoh bagi sobat yang pernah bekerja sebagai arsitek disebuah perusahaan kontraktor, bisa melanjutkan pekerjaanya dengan membuka sendiri usaha konsultan bangunan. Jika sebagai sales, sobat bisa membuka sendiri usaha itu karena sobat sudah menguasai sistem distribusi dan pemasoknya. Pengalaman yang sobat peroleh sebenarnya sudah bisa memulai lebih awal dengan menganggap pekerjaan lama sebagai tempat magang gratis yang dapat membantu sobat untuk meraih sukses.

3. Membaca, Mendengar dan Melihat Media

Ada juga ide yang ditemukan setelah membaca buku, majalah atau koran, mendengar radio serta melihat informasi di televisi. Terutama informasi soal usaha yang kini lagi ngetrend, serta prospek dimasa depan atau tentang kisah sukses seorang pengusaha.

4. Silaturahmi

Tidak menutup kemungkinan akan banyak ide atau gagasan yang akan muncul dalam pertemuan dua orang atau lebih. Ketika sobat bersilaturahmi dengan  teman-teman lama, seringkali muncul ide-ide bisnis yang selama ini tidak pernah sobat pikirkan. Silaturahmi tidak selamnya dengan teman lama, tapi dengan teman baru atau kenalan baru  juga bisa. Contohnya adalah tante saya, ketika dikenalkan dengan seseorang oleh teman saya. Dalam pertemuan itu kenalan baru tersebut bercerita seputar bisnisnya baik itu tentang bisnis waralaba restoran miliknya dan bisnis laundry sistem kiloan yang makin banyak saat ini. Saat itu tante saya memang baru mendengar kalau ada bisnis laundry yang ongkosnya dihitung dengan sistim timbang. Kemudian dia membayangkan bahwa bisnis itu juga bisan dijalankan ditempat lain. Setelah mendapat informasi dari berbagai sumber, maka dia juga mendirikan bisnis itu.

5. Mencontoh Bisnis Orang Lain

Dalam dunia bisnis yang semakin berkembang ini, contoh-mencontoh usaha bukanlah sesuatu yang tabu atau diharamkan. Didaerah saya contohnya di Gorontalo, saat melihat tetangga atau orang lain mendapatkan keuntungan banyak dengan cara menjual bensin di pinggiran jalan atau istilahnya depot bensin. Maka orang lainpun mencontohi cara yang sama dengan dalih biar bisa merasakan keuntungan yang sama seperti mereka. Dari pada sobat pusing tujuh keliling tujuh bintang berputar-putar dikepala memikirkan ide usaha. Tidak ada salahnya mencontohi usaha yang sudah berhasil. Tetapi sobat perlu memberikan nilai lebih dan jangan puas dengan hanya meniru begitu saja. Sobat bisa menggunakan formula ATM yaitu amati, tiru dan modifikasi. Dengan cara ini, usaha yang sobat bisa bersaing. Sobat juga bisa menemukan ide usaha yang bisa disempurnakan dengan jenis usaha pelengkap. Misalkan, ditempat tinggal sobat ada usaha mie ayam, sobat bisa melengkapi dengan makanan lain sehingga tempat tersebut suasananya menjadi ramai.

6. Pergi Ketempat Baru

Luangkan waktu untuk berjalan-jalan  ke tempat baru yang belum pernah sobat kunjungi. Cara sederhananya bisa dengan melakukan perubahan rute perjalanan pulang dengan rute yang tidak biasa dilewati setiap hari. Dengan cara ini, sobat akan melihat hal-hal baru bahkan unik yang mungkin belum pernah  dilihat sebelumnya. Sehingga bisa memberikan inspirasi bahkan ide bisnis untuk sobat.

7. Peka Terhadap Lingkungan Sekitar dan Kejadian yang Pernah Dialami

Sobat juga dapat menemukan ide usaha dari apapun yang pernah sobat alami atau orang lain alami. Ada sebagian orang memiliki bisnis gara-gara kecelakaan atau kesulitan. Ada juga juga yang tumbuh sebagai pebisnis akibat kesenangan yangt pernah dirasakannya. Sebagai contoh, ada seorang pengusaha properti sukses yang menemukan ide bisnis setelah dirinya mengalami kesulitan keuangan saat merenovasi rumahnya sampai dia harus menjual rumah itu kemudian dia mendapatkan keuntungan yang besar, sehingga dia berpikir kenapa  tidak berbisnis jual beli rumah saja karena keuntungannya menjanjikan ? Sehingga dia bisa menjadi pebisnis jual beli properti.

Nah itulah beberapa cara yang bisa saya bagikan kepada sobat. Semoga dengan ini bisa membantu menambah wawasan dan bermanfaat buat sobat sekalian. Silahkan di Share jika ini bisa bermanfaat buat orang banyak !!! "Berbagi Itu Indah" Terimakasih

0 Response to "7 Cara Menemukan Ide Bisnis"

Post a Comment