Test Footer 1

9 Fakta Unik & Menarik Tentang Jerawat Yang Wajib Diketahui

Jerawat yang merupakan salah satu masalah kulit yang bisa mengacaukan penampilan. Ini menjadi salah satu momok yang menakutkan dan sangat tidak disukai oleh banyak orang. Terutama wanita, jerawat sendiri merupakan dimana pori-pori kulit tersumbat akibat gejalah hormonal hingga bisa mempengaruhi produksi minyak berlebih  terutama pada wajah dan minyak tersebut menjadi sumber makanan bakteri. Sehingga muncul lah penampakan kemerahan dari jerawat tersebut. Munculnya jerawat dapat memberikan gangguan psikologis bagi penderitanya seperti diliputi rasa cemas, malu akan penampilannya dan menjadi tidak percaya diri. Jenis-jens jerawat terdiri dari komedo, jerawat batu hingga jerawat meradang. Walaupun jerawat ini tidak agak berbahaya akan tetapi bisa membuat kesal bagi mereka yang ingin tampil cantik, bersih dan sempurna dengan kulit wajah yang mulus.
Tidak ingin penampilan terganggu, berbagai macam cara dilakukan agar dapat menghilangkan jerawat dari tubuh ataupun wajahnya. Berikut ini 9 Fakta Unik & Menarik Tentang Jerawat Yang Wajib Diketahui :


1. Terus Menerus Membersihkan Wajah Dapat Mencegah Jerawat

Faktanya justru terlalu sering membersihkan wajah akan membuat kulit kering dan kusam, sehingga  tubuh akan memproduksi lebih banyak minyak dan hal tersebut akan membuat kulit wajah lebih berbinyak dan dapat menimbulkan jerawat. Alangkah baiknya kenali jenis kulit sobat dan sesuaikan sabun pencuci wajah dengan jenis kulit sobat. Karena tidak sedikit orang alergi dengan sabun pencuci wajah yang dipilih sehingga menimbulkan jerawat.

2. Hal Sepela Tidak Mungkin Menimbulkan Jerawat

Faktanya penggunaan topi dan ikat kepala yang terlalu ketat akan dapat menggesek kulit hingga menyebabkan iritasi dan  membuat jerawat semakin parah. Begitu juga produk pemakaian rambut yang tidak cocok, karena hal tersebut bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan lebih mudah tumbuh bahkan bisa memper parah jerawat yang ada. kacamata juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat karena kacamata dapat mengeluarkan bakteri ke area mata serta kulit, bagi sobat yang suka menggunakan kacamata sebaiknya bersihkan kacamata dengan cairan khusus yang menghindarkan mata dan kulit dari bakteri.

3. Jerawat Terjadi Pada Remaja Atau Saat Pubertas Saja

Faktanya jerawat bisa terjadi pada usia berapapun. Saat remaja, jerawat paling banyak di sebabkan faktor hormonal, dimana sel kulit yang ada terutama pada wajah tersebut memproduksi minyak yang berlebih sehingga memicu timbulnya jerawat. Berbeda dengan orang dewasa, tidak selalu jerawat muncul karena faktor hormon. Akan tetapi karena faktor kebersihan wajahnya.

4. Jerawat Hilang Dengan Sendirinya

Faktanya jerawat tidak seperti itu, jerawat yang tidak diobati malahan akan memperburuk dari kondisi jerawat tersebut. Pada umumnya jerawat disebabkan oleh minyak dan bakteri, apabila kita hanya mengandalkan rajin mencuci wajah.  Maka jangan pernah berharap jerawat tersebut akan sembuh. Apalagi jerawat yang sudah parah. Alangkah baiknya sembuhkan jerawat dengan obat oles kulit atau konsultasi dengan dokter kulit apabila jerawat tersebut sudah parah.

5. Jerawat Bisa Sembuh Jika Dipencet

Faktanya jerawat yang sering dipencet akan menyebabkan luka pada kulit bahkan bekas luka akibat jerawat dan tidak menutup kemungkinan bekas luka tersebut akan menjadi permanen dan kulit sobat bisa berlubang (bopeng) karena kebiasaan memencet jerawat. Apalagi jika tangan sobat kotor, justru itu akan menambah banyak bakteri pada jerawat tersebut. Sebaiknya cuci wajah sobat dengan pencuci wajah yang tepat, bersihkan dengan handuk. Kemudian oleskan obat jerawat pada kulit yang berjerawat. Sobat juga bisa menghialngkan jerawat dari dalam tubuh dengan mengkonsumsi obat yang tepat, aman dan di anjurkan untuk menstabilkan gangguan hormonal penyebab jerawat.

6. Riasan Make Up Penyebab Jerawat

Faktanya memang benar. Ada beberapa kosmetik efeknya bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Bahkan penggunaan make up yang tidak tepat bisa menyebabkan alergi dan sensitifitas pada kulit hingga bisa menimbulkan jerawat. Tetapi, tidak semua kosmetik seperti itu. Sobat bisa memilih kosmetik yang baik, aman dan tepat untuk wajah sobat. Saat berjerawat pun sobat masih bisa menggunakan make up. Walau ada beberapa make up yang bisa memperburuk  jerawat. Akan tetapi, pilihlah make up dengan label noncomedogenic umumnya aman digunakan atau sobat bisa  berkonsultasi langsung dengan dokter kulit untuk menentukan make up yang cocok untuk digunakan dan aman untuk jerawat.

7. Uap Panas Dapat Mengempeskan Jerawat

Faktanya uap panas justru  membuat jerawat semakin parah seperti yang pernah diteliti di India. Apalagi saat panas dan keringat berlebih akan membuat jerawat semakin parah bahkan bisa menimbulkan jerawat baru. Akibatnya pori-pori terbuka lebar dan tersumbat dengan keringat yang bercampur bakteri akibat debu maupun kotoran.

8. Sinar Matahari Bisa Menghilangkan Jerawat

Faktanya sering berjemur di bawah sinar matahari berharapagar  kulit akan kering dari minyak penyebab jerawat adalah hal yang salah. Hal itu justru membuat kulit dan jerawat terbakar dan menjadi lebih parah," ujar dr. Ava Shamban, seorang dokter kulit dan penulis buku Heal Your Skin. P. acnes, nama bakteri yang menyebabkan jerawat, memang tidak dapat berkembang jika terkena sinar panas matahari. Inilah sebabnya mengapa jerawat seakan-akan berkurang setelah berjemur di pinggir kolam renang, di pantai atau melakukan kegiatan outdoor lain. 

9. Jerawat Hanya Tumbuh Di Wajah

Faktanya jerawat  bisa tumbuh di area mana saja baik itu wajah, dagu, leher, dada, lengan, pundak, paha hingga bokong. Jerawat yang timbul pada area-area tersebut biasanya karena masalah hormon, bakteri, terlalu sering berkeringat, masalah kecmasan, masalah pencernaan, masalah stres, biang keringat dan kulit kering kalau jerawatnya tumbuh di area paha. 

Demikian beberapa ulasan tadi mengenai -9 fakta unik & menarik  tentang jerawat yang wajib diketahui. Semoga dengan ini bisa membantu menambah wawasan dan bermanfaat buat sobat sekalian. Silahkan di Share jika ini bisa bermanfaat buat orang banyak !!! "Berbagi Itu Indah" Terimakasih 

0 Response to "9 Fakta Unik & Menarik Tentang Jerawat Yang Wajib Diketahui"

Post a Comment