Test Footer 1

Makanan-Makanan Sehat Penyebab Masalah Kesehatan Gigi & Mulut


Bicara tentang kesehatan gigi, banyak orang yang sudah mengetahui makanan-makanan apa saja yang bisa menyebabkan masalah kesehatan gigi dan mulut. Seperti permen, minuman berenergi, soda dan makanan-makanan manis lainnya. Makanan tersebut mengandung banyak gula yang tak lain adalah karbohidrat yang lengket dan bisa mengundang kuman untuk menempel pada gigi serta merusaknya. Menghindari makanan-makanan manis saja sepertinya tak cukup untuk mengamankan kesehatan gigi sobat. Ada makanan-makanan yang di anggap sehat dan tak berbhaya. Namun ternyata juga bisa merusak kesehatan gigi dan mulut.  Taukah sobat makanan apa saja itu ?? Berikut ini adalah Makanan-Makanan Sehat Penyebab Masalah Kesehatan Gigi & Mulut :

1. Vitamin C Dalam Jeruk

Vitamin C dalam jeruk sangat penting untuk menjaga kolagen pada gusi. Namun mengkonsumsi terlalu banyak buah-buahan sitrus dapat merusak kesehatan mulut. Kenapa begitu ? Karena buah-buahan sitrus mengandung asam yang tak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Buah-buahan sitrus yang terlalu sering terkena gigi, akan menyebabkan enamel menjadi lebih lunak dan mudah rusak. Jika sobat sering minum jus jeruk atau makan buah-buahan sitrus, sobat bisa meminimalkan efek buruk pada buah sitrus dengan cara minum banyak air mineral. Sekitar 20 menit kemudian gosoklah gigi sobat dan jangan langsung menggosok gigi setelah minum atau mengkonsumsi buah-buahan sitrus.

2. Kacang Almond

Kacang almond adalah salah satu jenis kacang yang banyak mengandung nutrisi dan baik untuk tulang. Almond kaya akan vitamin E dan memberikan lemak sehat pada tubuh. Namun jika bicara tentang kesehatan gigi, almond bisa memberikan efek buruk. Karena almond memiliki tekstur yang keras dan bisa menyebabkan gigi retak. Jika sobat ingin mendapat manfaat dari almond, jangan langsung mengkonsumsinya dalam bentuk biji. Coba haluskan atau potong-potong terlebih dahulu agar tidak merusak gigi sobat.

4. Manisan

Manisan mengandung asam yang tinggi, karena manisan dibuat dengan menambahkan cuka. Mengkonsumsi manisan terlalu banyak dapat membuat gigi keropos dan mudah berlubang. Untuk mengatasi efek buruk dari manisan, makanlah keju. Kenapa keju yaa ??  Karena keju tidak mengandung asam, justru banyak mengandung kalsium hingga bisa menetralkan asam yang baru sobat konsumsi. Selain itu, mengunyah permen bekas gula yang mengandung silotol juga akan menetralkan mulut sobat. Karena, dengan mengunyah permen akan memancing untuk memproduksi air liur dan membersihkan asam yang ada dalam mulut sobat.

5. Buah Kering

Buah kering mengandung nutrisi seperti kismis memang mengandung nutrisi dan dikenal juga sebagai cemilan yang menyehatkan.Namun, buah kering tak begitu baik untuk kesehatan gigi. Karena semua air sudah dikeluarkan dab buah kering mengandung banyak gula yang bisa menempel pada gigi. Jika buah ini sudah menempel pada gigi, bakteri akan muncul dan merusak gigi sobat. Jika ini merupakan kebiasaan yang sobat lakukan, minumlah banyak air setelah mengkonsumsinya dan 20 menit kemudian sikat gigi sobat.
 
6. Kopi

Seperti yang diketahui bahwa kopi mengandung banyak antioksidan yang memang baik untuk tubuh. Selain itu, kopi juga menambah energi. Namun, kopi tak cukup baik untuk kesehatan gigi sobat. Karena kopi bisa merusak warna gig, dan  noda kopi yang ada pada gigi bisa memicu plat dan menyebabkan gigi sobat rusak. Kebiasaan minum 2 sampai 3 cangkir kopi sehari saja sudah cukup untuk menyebabkan noda pada gigi terutama jika gigi sobat memiliki pori-pori yang besar. Bagi sobat yang gemar minum kopi, cobalah banyak mengkonsumsi es kopi dengan sedotan. Sehingga mengurangi kemungkinan kopi menempel pada gigi.

Nah, itulah berbagai makanan yang tampaknya menyehatkan dan mengandung banyak nutrisi untuk tubuh. Tapi ternyata tak cukup baik untuk kesehatan gigi sobat. Semoga dengan ini bisa membantu menambah wawasan dan bermanfaat buat sobat sekalian. Silahkan di Share jika ini bisa bermanfaat buat orang banyak !!! "Berbagi Itu Indah" Terimakasih

0 Response to "Makanan-Makanan Sehat Penyebab Masalah Kesehatan Gigi & Mulut"

Post a Comment