Test Footer 1

Manfaat Untung Rugi Mandi Malam Dengan Air Hangat atau Dingin

Bisa dibilang mandi menjadi salah satu hal wajib sehar-hari kita yang mengasikkan. Dengan melakukan mandi, tubuh kita yang tegang dapat rilekx kembali. Mandi juga dapat memelihara dan menjaga kesehatan tubuh sobat. Pada dasarnya masnusia perlu mandi untuk menghilangkan bau, kotoran atau merefitalisasi sel-sel kulit mati. Biasanya setelah mandi kita akan merasa lebih segar, bersih dan santai setelah mandi. Bagi sebagian orang mandi adalah salah satu momen yang tidak boleh diabaikan karena benar-benar bisa merelaksasikan dan memanjakan tubuh. Kebiasaan sewaktu mandi, frekuensi tempat dan perlengkapan mandi yang digunakan tergantung pada kebudayaan dan letak geografis tempat tinggal. Contohnya saja di indonesia, biasanya mandi 2 kali sehari yaitu pda pagi dan malam hari. Dalam budaya barat justru mereka lebih suka mandi dipagi hari. Sementara dalam budaya tiongkok, orang-orang lebih banyak yang mandi dengan menggunakan air hangat dimalam hari.
Akan tetapi yang sobat harus pahami juga tentang temperatur air yang digunakan saat melakukan ritual mandi. Ternyata temperatur air yang digunakan untuk mandi apalagi saat malam hari, akan menghasilkan efek tertentu pada tubuh sobat. Misalnya saja ketika mandi dimalam hari menggunakan air hangat dan air dingin itu akan memberikan manfaat yang berbeda pada tubuh. Taukah sobat ? Apa saja manfaat menggunakan air hangat atau air dingin ?Berikut ini beberapa Manfaat Untung Rugi Mandi Malam Dengan Air Hangat atau Dingin :

1. Menyejukkan Dan Menyegarkan Tubuh

Mandi dengan menggunakan air dingin memang sangat menyejukkan dan menyegarkan tapi tidak untuk malam hari. Bagi sebagian orang mandi diwaktu malam jadi membuat badan menggigil kedinginan. Bahkan ada mitos yang mengatakan bahwa mandi malam dengan air dingin akan membuat badan sobat rentan terkena penyakit rematik dimasa tuanya. Bahkan tidak sedikit orang yang mengatakan mandi malam akan mendatangkan berbagai macam penyakit seperti paru-paru basah. Pernahkah sobat mendengar hal tersebut ?? jujur saja sampai saat ini belum ada penelitian yang  menyatakan bahwa mandi malam dengan air dingin itu menimbulkan penyakit. Justru sebaliknya mandi malam dengan menggunakan air dingin itu menyehatkan.

2. Meningkatkan Kewaspadaan

Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan kewaspadaan kita dalam sesuatu hal. Ini bisa terjadi karena kontak dingin pada kulit akan meningkatkan kadar noretineflin dalam tubuh, sehingga sistem syaraf simpatis teraktifasi dan tubuh menjadi lebih waspada. Makanya berendam atau mandi air dingin dimalam hari tidak selalu berdampak negatif lohhh.

3. Bisa Mengencangkan Kulit

Tidak selamanya untuk mengencangkan kulit harus pakai produk-produk  mahal. Karena sebenarnya dengan rajin mandi malam hari dengan air dingin saja itu sudah bisa membuat kulit sobat menjadi kencang. Jadi mandi air dingin dapat menjauhkan sobat dari kerapuhan, membantu sobat terlihat bercahaya dan membuat kulit menjadi lebih sehat. Mandi dengan air dingin adalah salah satu  cara untuk menjaga kulit tetap elastis, segar dan tampak berseri. 

4. Mencegah Kerontokan Rambut

Sama halnya dengan kulit, ternyata air dingin juga mampu mencegah kerontokan rambut lohh. Jadi bagi sobat yang memiliki rambut rontok bisa menggunakan air dingin obat alami sebagai pencegah kerontokan rambut. Selain itu menggunakan air dingin saat mencuci rambut juga akan membuat  kultikula tertutup sehingga nutrisi yang diberikan kepada rambut dari  shampo atau conditioner akan meresap lebih baik. Penyerapan nutrusi yang baik akan  membuat rambut lebih sehat dan tidak terlihat kusam.

5. Menyegarkan Pikiran Mengurangi Stres

Hal ini dikarenakan saat membasahi tubuh dengan air dingin itu akan membuat seluruh bagian tubuh kita mendapatkan pasokan oksigen dalam jumlah yang cukup. Ketika jumlah oksigen ini terpenuhi pada seluruh bagian tubuh, dengan ini dapat membuat pikiran kita lebih segar dan mampu mengurangi tingkat stres yang dialami.

6. Meningkatkan Kesuburan Pria

Bagi sobat yang berencana punya anak atau ingin meningkatkan kesuburan, sebaiknya mandi menggunakan air dingin. Agar dapat merangsang produksi yang ada pada salah satu hormon pada pria yaitu hormon testoren. Jika menggunakan air hangat, maka tidak baik untuk testis sobat. Ini dikarenakan akan menurunkan kuantitas dan kualitas sperma yang ada pada testis sobat jadi buruk.

Selain menggunakan air dingin, mandi dimalam hari juga bisa menggunakan Air Hangat. Banyak orang menyukai mandi malam dengan menggunakan air hangat. Selain bisa merasakan hangatnya air dibadan kita, terkadang air hangat bisa langsung membuat badan kita menjadi rileks ;

1. Merilekskan Badan

Jika sobat sudah capek kerja seharian dan badan lengket dan bau, pasti air hangat  seringkali dipilih menjadi solusi yang tepat untuk merilekskan badan. Selain itu masih ada beberapa manfaat mandi malam hari dengan air hangat yaitu saat air  hangat terkena kulit. 

2. Memperlancar Aliran Darah

Efek hangatnya mampu merangsang pelebaran pembulu darah sehingga aliran darah menjadi lancar. Efek hangat tersebut juga mampu membuat fasikularisasi pada otot dengan baik, hingga tubuh menjadi lebih rileks dan segar. Semua hal itu berdampak pada banyaknya khasiat yang bisa didapatkan mandi dengan air hangat.

3.Mengurangi Kecemasan

Jika sobat mengalami rasa cemas, sobat bisa  mengatasinya dengan menggunakan denga air hangat. Caranya bisa dengan berendam atau mandi dengan air hangat, sobat dapat melakukan ini dengan santai tidak terburu-buru.

4. Mengembalika Aura Positif

Air hangat dapat mengembalikan aura positif tubuh, dan air rendaman sobat bisa ditmbahkan dengan 1/4 baking soda dan irisan jahe kemudian rendam tubuh sobat hingga 10-15 menit. Cara ini dapat mengurangi kecemasan dan mengembalikan aura positif sobat. 

5. Mencegah Flu

Cuaca tak menentu terkadang membuat daya taha  tubuh kita semakin berkurang. Virus flu pun bisa mudah menyerang, jika sudah begini. Sobat bisa menggunakan air hangat sebagai obat alam yang tepat. Caranya adalah bisa dengan melakukan mandi sekitar 10-15 menit menggunakan air paling hangat yang bisa sobat tahan. Tarik dan keluarkan nafas sobat dalam-dalam agar paru-paru dan rongga hidung sobat lega dengan uap.

6. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Merasakan nyamannya kasur dan lembutnya sprei merupakan kenikmatan tiada tersendiri yang bisa sobat dapatkan saat beristirahat malam. Saat merebahkan diri dikasur, suhu tubuh sobat akan turun untuk memproduksi melatonin yang membuat tidur lebih nyenyak. Oleh karena itu, mandi air hangat dimalam hari sebelum tidur adalah ide yang baik. Mandi air hangat akan meningkatkan sementara suhu tubuh untuk kemudian perlahan turun saat beradaptasi dengan hawa dingin. 
 

Nah itulah untung ruginya mandi malam. Jadi apakah sobat lebih suka mandi malam menggunakan air dingin atau hangat ?? Apapun itu pilihannya semoga dengan ini bisa membantu menambah wawasan dan bermanfaat buat sobat sekalian.

0 Response to "Manfaat Untung Rugi Mandi Malam Dengan Air Hangat atau Dingin"

Post a Comment