Test Footer 1

10 Rahasia Menjaga Kesehatan Jantung

Selain kanker.... penyakit jantung juga merupakan salah satu penyakit populer atau penyakit mematikan No 1 di seluruh dunia saat ini. Jantung adalah organ tubuh yang bekerja paling keras dan vital bagi kesehatan manusia. Menjalani gaya hidup sehat adalah pilihan yang paling tepat untuk menjaga jantung tetap sehat. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita  untuk mengikuti pola hidup sehat untuk menjaga jantung tetap sehat. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu sobat dalam menjaga kesehatan jantung :

1. Menjaga Kesehatan Fisik

Olahraga secara teratur adalah salah satu  hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Latihan rutin secara intensiv yang dilakukan setiap hari dapat menghilangkan lemak yang ditimbun dalam tubuh. Seperti latihan kardio untuk menjaga kesehatan jantung  dan pembuluh darah dengan membuat jantung bekerja dalam level konstan selama waktu tertentu. Bisa dengan berjalan cepat, joging, bersepeda dan latihan kardio lainnya.

2. Menjaga Berat Badan 

Tidak sedikit dari kita mencoba untuk mengurangi berat badan, karena  kelebihan berat badan dapat mengarah ke penyakit jantung. Dengan menghindari makana-makanan yang berlemak, apalagi lemak jahat yang dapat menghambat pembulu-pembulu darah. Tetapi kenyataanya, ada orang kurus juga cenderung menderita penyakit jantung.

3. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Konsumsilah air putih agar menjaga jantung tetap sehat. Selain itu dapat menghindari sobat dari kehausan dan jauhi minuman bersodan dan berakohol. Karena dapat mempengaruhi kesehatan jantung sobat.


4. Hindari Merokok

Telah jelas bahwa rokok tidak baik untuk kesehatan. Menjadi perokok aktif ataupun pasif secara tidak langsung itu akan merugikan paru-paru, Jantung dan sebagainya. Merokok dapat memicu tekanan darah tinggi hingga akhirnya meningkatkan resiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan rokok memiliki kandungan zat yang secara perlahan akan merusak organ-organ penting dalam tubuh kita.

5. Perbanyak Makan Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran memang sangat baik untuk kesehatan kita. Karena mengandung serat alami dan vitamin yang bisa membantu kita dalam mencegah penyakit jantung. Seperti pisang, jeruk, melon, pepaya dan sebagainy.

6. Jauhi Mengkonsumsi Junk Food(Makanan Cepat Saji)

Makanan cepat saji memang enak, akan tetapi tidak bagus untuk kesehatan. Karena makanan cepat saji mengandung pengawet, penguat rasa, lemak jahat dan lemak jenuh yang bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan obesitas. Cobalah untuk beralih ke makanan sehat yang dibuat sendiri dengan bahan olahan yang alami dan bagus untuk kesehatan.

7. Kurangi Konsumsi Gula Berlebih

Gula selain dapat meningkatkan resiko diabetes, gula juga dapat memicu penyakit jantung. Bagi yang suka mengkonsumsi yang manis-manis, cobalah untuk mengurangi hal tersebut.

8. Menjaga Kesehatan Mental

Tekanan mental sebaiknya dihindari, cobalah untuk mengolah stres. Stres bisa dianggap sebagai faktor yang signifikan sebagai pemicu penyakit jantung. Kesehatan mental dianggap sebagai aspek yang menentukan kondisi jantung kita. Maka dari itu menjaga kesehatan mental menjadi begitu penting.

9. Lakukan Check Up Kesehatan Dengan Teratur

Melakukan pemeriksaan kesehatan merupakan hal yang penting dan harus dilakukan. Mulai dari kolesterol total, tekanan darah tinggi, pemeriksaan gula darah dan sebagainya agar dapat memastikan jantung sobat tetap sehat. 

10. Istirahat Yang Cukup

Bagi sobat yang suka begadang, cobalah untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Selain tidak baik untuk kesehatan, itu juga dapat mempngaruhi jantung kita. Kurang tidur dapat membuat jantung bekerja lebih keras. Sebuah penelitian menunjukkan bagi merea yang tidurnya  setelah lewat tengah malam. Maka akan mengalami pengerasan pembuluh darah dalam tubuh. Dengan pengerasan inilah yang merupakan gejalah awal  gangguan jantung. Oleh karena itu, Cobalah untuk mngistirahatkan jantung kita dengan meringankan beban kerjanya saat malam hari. Dengan tidur minimal 7-8 jam penuh setiap malamnya.


Nah, itulah - 10 Rahasia Menjaga Kesehatan Jantung. Sayangilah jantung anda dengan baik dan benar. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat buat sobat sekalian.

0 Response to "10 Rahasia Menjaga Kesehatan Jantung"

Post a Comment