Test Footer 1

20 Cara Mudah Mencegah Timbulnya Jerawat




20 Cara Mudah Mencegah Timbulnya Jerawat - Jerawat merupakan masalah kulit yang tidak disukai banyak orang apalagi kalau jerawat tersebut timbulnya diwajah. Jerawat pada umunya bisa terjadi  pada semua orang termasuk orang dewasa. Apalagi saat memasuki masa-masa remaja atau pubertas. Tapi tidak sedikit juga orang saat memasuki masa-masa pubertas wajahnya tetap sehat dan tidak timbul masalah jerawat. Bayangkan wajah sobat yang bersih dari jerawat dan bayangkan saat berjerawat. Tentu akan mengerikan jika membayangkan wajah kita yang bersih tiba-tiba jerawat.

Ini bisa terjadi karena faktor kelenjar minyak dan hormon. Jerawat bisa mempengaruhi masalah psikologis kepada setiap orang, misalnya menjadi cemas dan bisa membuat orang tersebut tidak percaya diri. 

Taukah sobat ? ada beberapa faktor atau penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Jerawat terjadi karena adanya produksi minyak yang berlebihan kemudian tertahan dibawah kulit. Kemudian bakteri yang tertumpuk dan minyak ini akan menjadi sumber makanan bagi bakteri lalu minyak-minyak tersebut akan tertahan dibawah kulit. Hingga suatu saat semakin tidak sehat sobat menjaga kesehatan kulit, minyak tersebut akan naik ke atas karena pori-pori tertutup. Kemudian muncullah wujud jerawat dan jerawat bukan hanya timbul karena wajah yang kotor. Akan tetapi karena produksi lemak yang berlebih di wajah.

Ada beberapa Cara Mudah Mencegah Timbulnya Jerawat :

1. Kurangi mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang terlalu tinggi atau makanan yang manis-manis.

2. Konsumsi sayur dan sumber-sumber seperti buah-buahan yang mengandung vitamin A kayak wortel, tomat, pepaya, jeruk dan sebagainya. Agar dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dan ini juga membantu proses pergantian kulit lebih teratur.

3. Jangan mencuci wajah terlalu sering, karena akan mengakibatkan produksi minyak yang berlebihan di kulit.

4. Perhatikan jenis sabun pencuci wajah sobat. Karena bisa jadi timbulnya jerawat itu karena sabun pencuci wajah yang tidak cocok dengan kulit sobat sehingga bisa mengakibatkan munculnya jerawat.

5. Hindari kontak langsung antara wajah dan tangan yang kotor. Kadangkala kita suka lupa dengan hal yang satu ini. Tangan yang kotor dapat menyebabkan bakteri diwajah sehingga bisa memicu timbulnya jerawat.

6. Jagalah kesehatan mental dengan cara menghindari stres. Stres juga merupakan faktor penting timbulnya jerawat. Peningkatan stres dapat menstimulasi kelenjar adrenali yang bertanggung jawab memproduksi  hormon androgen. Pengeluaran hormon ini dapat memicu timbulnya jerawat dan stres juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga bisa memperlambat penyembuhan jerawat yang sudah ada.

7. Berolahraga secara teratur, selain untuk menghilangkan stres. Olahraga juga bisa memperlancar aliran darah yang ada dalam tubuh dan membantu mengeluarkan minyak berlebih pada wajah yang nantinya keringat akan membawa minyak-minyak itu keluar dari wajah. Istilah ini disebut detoksifikasi alami.

8. Pakailah obat anti jerawat baik bisa dalam bentuk pill, salep, lotion dan sebagainya tentu dengan memperhatikan tingkat keamanan dari obat tersebut. Bisa pergi ke dokter langsung atau ke di apotik yang tentunya obat tersebut aman buat kulit kita.

9. Bagi yang suka make up khususnya perempuan, sebaiknya lebih selektif dan memperhatikan jenis make up yang dipakai agar tidak menimbulkan jerawat. Biasanya ada kulit wajah yang tidak cocok dengan make up tertentu sehingga bisa membuat iritasi, sensitif dan menimbulkan jerawat. Gunakanlah make up yang bahanya aman di kulit dan gunakanlah make up secara wajar dan tidak berlebihan atau ketebalan.

10. Hindari menggunakan helm yang terlalu ketat, karena ini bisa menyebabkan gesekan dikulit, bisa iritas dan mudah sensitif akan membuat kulit wajah alergi dan salah satu penyebab timbulnya jerawat.

11. Cobalah menghindari paparan sinar matahari langsung, wajah yang tidak terlindungi dan langsung terkena matahari tidak menutup kemungkinan untuk timbulnya jerawat di wajah. Gunakanlah tabir surya yang membantu sobat agar  terlindungi dari efek buruk sinar matahari. Sobat juga dapat melindungi wajah dari topi, kerudung atau pun masker. Untuk Masker mencegah debu dan kotoran secara langsung tentunya.

12. Konsultasi ke dokter kulit atau spa agar bisa merawat wajah sobat tetap bersih, mulus, tak berbinyak dan tetap lembab.

13. Perbanyak konsumsi air putih atau air mineral, untuk mencegah radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Wajah dan pencernaan bisa menjadi sehat yang mempengaruhi wajah yang kusam serta berjerawat.

14. Gunakan masker alami seperti madu, tomat, lemon, kentang, putih , alpukat dan sebagainya. Sobat juga bisa pergi ke spa untuk mempercantik wajah sobat agar tetap selalu sehat dan bebas dari jerawat.

15. Istirahat yang cukup, dengan istirahat yang cukup bisa mencegah timbulnya jerawat karena menjaga hormon stres tetap stabil sehingga tidak mempengaruhi kelenjar hormon terganggu yang bisa menimbulkan jerawat.

16. Berpikirlah positif, berpikiran positif setiap harinya akan membantu sobat mengatasi masalah jerawat dan wajah  yang kusam.

17. Atur pola makan seimbang, kadang kala kita suka makan makan sembarangan tanpa melihat polanya. Kadangkala suka makan makanan yang berminyak, berlemak dan sebagainya. Taukah sobat ? Makanan makanan yang berminyak atau pun berlemak bisa menimbulkan jerawat di wajah loooh.

18. Area rambut (poni), kadangkala jerawat juga bisa timbul karena hal sepele seperti rambut poni. Bisa saja jerawat tumbuh di area poni tersebut. Cobalah untuk menyingkirkan poni tersebut dan tentu perhatikan juga shampo dan conditioner yang sobat gunakan.

19. Jangan pernah memakai sunblok untuk tangan ke wajah sobat, karena bisa menimbulkan greasi dan menyebabkan timbulnya jarawat.

20. Untuk mencegaj timbul jerawat sobat bisa juga menyediakan obat untuk mencegah timbulnya jerawat.
 
Nah itulah beberapa 20 cara yang bisa saya bagikan.  Semoga dengan ini bisa membantu menambah wawasan dan  bermanfaat buat sobat sekalian. "Berbagi Itu Indah"

0 Response to "20 Cara Mudah Mencegah Timbulnya Jerawat"

Post a Comment